Berita Olahraga Sepak Bola

Sepakbola atau football berasal dari kata foot dan ball yang berarti bola tersebut harus dimainkan dengan kaki. Bola yang digunakan berbentuk bulat dan biasanya terbuat dari karet atau kulit agar mudah ditendang oleh pemain. Perjalanan kompetitif dalam rivalitas liga-liga dikemas dengan memadukan misteri hasil. Bagaimana filosofi pelatihnya, aplikasi taktik lewat skema bermainnya, siapa saja pemain yang diincar, lalu gambaran pertandingannya seperti apa. Dan, para aktor sepak bola pun menjadi elemen pelaku yang berperan mempertinggi daya tarik dan intensitas nalar misteri.

Diaz bahkan melakukan tendangan bebas terlebih dahulu untuk timnya lalu sempat mengejar bola dengan pisang masih di tangannya. Sebagai contoh, saya percaya bahwa banyak orang bersorak untuk tim Maroko, Mesir dan Tunisia di Piala Dunia berdasarkan alasan nasional atau agama. Kita juga tidak boleh lupa bahwa beberapa orang Arab berakar untuk tim Rusia melawan tim Saudi karena alasan politik. Oleh karena itu, hubungan nasional dan politik memainkan peran utama dalam sorak-sorai massa untuk satu tim atau yang lain.

Karena tidak adanya aturan yang baku, membuat pertandingan sepak bola di Inggris sering kali berakhir dengan kericuhan. Sebelum kita membahasnya lebih dalam, mari kita ber-intermezzo sedikit apa definisi dari sepakbola.

Industri liga-liga dunia mengeksploitasi naluri keingintahuan para bola-mania sampai pada aras ekstremitas emosi manusia. Permainan pun dimulai dengan masing-masing pemain berjumlah sebelas. Keterbatasan bukan menjadi penghalang kita untuk bermain di lapangan.

Teknik tipuan yang mengandalkan kecepatan kaki untuk memindahkan arah bola ini mulai dikenal sejak Piala Dunia 1970. Kemudian teknik pura-pura melakukan umpan kepada rekan untuk mengelabuhi lawan sebelum menyeret bola di belakang kaki yang berdiri, berputar 180 derajat, dan berakselerasi menjauh. Dengan teknik seperti itu Quaresma yang perannya sulit tergantikan di Timnas Portugal kerap kali membuat penjaga gawang sulit untuk menebak arah bolanya. Dan memang kalau dilihat-lihat itu memang sulit terduga sih arah bolanya kemana. Tidak banyak yang bisa dibuktikan, tapi dorongan pisang memuatnya tampil berenergi sepanjang pertandingan, sampai berhasil mencetak gol tunggal untuk memastikan kemenangan timnya empat menit sebelum laga berakhir.

Dan, tentu saja sebagai awal yang bernas untuk mengobrak-abrik perkara-perkara lebih besar yang menyelimutinya. “Seorang pelatih harus ada di sisi lapangan. Dia harus bernafaskan permainan, harus memahami kapan waktunya melakukan pergantian pemain, atau menarik pemain terbaik karena tim butuh pemain yang berbeda, ” sambungnya.

Untuk bisa mengurai masalah tersebut, maka kita perlu menganalisa karakteristik permainan sepakbola itu sendiri. Dalam suatu risetnya di Portugal, Julio Gargana menyampaikan bahwa sepakbola adalah permainan kompleks yang dinamis. Pemain haruslah menganalisa situasi (persepsi), mengambil keputusan (decision) dan mengeksekusi keputusan (execution). Untuk itu situasi latihan haruslah mereplikasi pertandingan 11v11. Dimana latihan menyajikan situasi yang menuntut multi solusi dari pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*